Cara Budidaya Ikan Guppy Untuk Ikan Hias

Friday, May 12th, 2017 - Budidaya Ikan Guppy

Budidaya ikan guppy sangat populer saat ini, khususnya buat para penggemar ikan hias selain pemeliharaanya yang mudah ikan guppy juga bisa dijadikan ladang untuk mencari rejeki karena ikan ini salah satu ikan hias yang bisa dijual tentunya.

Dulunya Ikan Guppy yang mempunyai nama latin Poecilia Reticulata berasal dari benua Amerika semakin bertambahnya waktu sekarang sudah sering didapatkan di perairan Indonesia. Ikan ini berukuran kecil antara 2-6 cm, ukuran betina dewasa sekitar 4–6 cm, sedangkan jantannya lebih kecil sekitar 2 – 3 cm. Ikan guppy betina lebih besar daripada ikan jantan dan ikan jantan lebih menarik daripada ikan betina. Kelebihan dari ikan ini adalah bentuknya yang unik, warnanya yang memukau dan hidup di air tawar tetapi Ikan ini bisa juga bertahan di air payau yang memiliki kadar garam tinggi. Dalam sekali perkawinan, ikan guppy bisa menghasilkan 30-100 ekor anakan.

Dilansir dari jpp.go.id Ikan Guppy merupakan salah satu dari ikan hias lainnya yang turut berkontribusi meningkatkan produksi ikan hias sampai 9% setiap tahunnya, pemerintah juga menargetkan di tahun 2017 ini ikan hias memproduksi 2,1 milyar ekor.

Sebagai informasi hanya ikan yang berkelamin jantan yang mempunyai warna sirip yang bagus dan indah dibandingkan dengan ikan yang berkelamin betina yang memiliki sirip berwarna kusam. Oleh Karena itu ikan guppy jantan lah yang paling dicari hampir sama seperti ikan cupang.

Dengan perlengkapan seadanya kita bisa memulai budidaya ikan guppy karena pada dasarnya kita tidak harus menggunakan insfrastruktur yang mahal agar ikan ini bisa dibiakkan. Ikan guppy tidak memerlukan wadah yang terlalu dalam cukup dengan ketinggian air 40cm, tetapi perlu diperhatikan kepadatan ikan dalam wadah  jangan sampai terlalu padat.

Secara umum ada 6 langkah penting yang perlu diperhatikan saat memulai budidaya ikan guppy, yaitu :

  1. Menyiapkan Wadah atau Tempat
  2. Memilih indukan
  3. Pemisahan indukan
  4. Pemijahan ikan guppy
  5. Penetasan benih
  6. Pendederan benih

Pembahasan lengkap dari langkah diatas tentang cara budidaya ikan guppy bisa anda baca di post :

Cara ternak ikan guppy secara lengkap

 

Incoming search terms:

Cara Budidaya Ikan Guppy Untuk Ikan Hias | Admin Guppy | 4.5