Begini Cara Mengawinkan Ikan Guppy

Thursday, July 6th, 2017 - Budidaya Ikan Guppy

Cara Mengawinkan Ikan guppy bisa dikatakan tidak terlalu sulit, mereka bisa saling bertemu dan kawin jika sudah waktunya, beberapa ikan guppy jantan akan mengembangkan karakteristik seksual sejak tiga minggu. Agar guppy jantan menyimpan sperma di tubuh guppy betina, guppy jantan harus mengembangkan sejenis mirip sirip di sekitar dubur yang biasa disebut gonopodium. Biasanya sekitar tiga minggu, sirip dubur jantan mulai berkembang menjadi bentuk tongkat dengan kait (gonopodium).

Seekor ikan guppy jantan dan betina bisa menggunakan 2 strategi inorder untuk kawin. Dia (ikan guppy jantan) bisa langsung mendekati ikan guppy betina dan mencoba membujuknya untuk kawin dengan dia, atau dia bisa mencoba melakukannya secara paksa jika guppy betina menolaknya.

Baca juga :

Ciri Ciri Ikan Guppy Jantan dan Betina

proses kawin terlihat dari tampilan sigmoid, di mana guppy jantan menekuk tubuhnya menjadi bentuk ‘S’ dengan sirip punggung dan sirip ekor yang benar-benar menyebar atau tertutup – tampilan seperti itu biasanya bertahan hingga tiga detik. Sedangkan proses kawin paksa terdiri dari dorongan cepat gonopodium pada pori kelamin wanita dalam usaha untuk bersanggama tanpa persetujuan wanita. Perkawinan bisa berlangsung seketika 0,8 detik hingga rata-rata 1,3 sampai 2,4 detik.

Cara Mengawinkan Ikan Guppy

Cara Mengawinkan Ikan Guppy

Bagaimana sanggama terjadi antara Ikan guppy jantan dan betina?

Guppy jantan mendorong gonopodium ke depan dan memutar ke satu sisi membentuk tabung untuk mengeluarkan paket sperma (spermatofor). Dia kemudian “memasukkannya” ke dalam saluran telur wanita, yang terletak di titik lelapnya. Kait memegang gonopodium di tempat untuk transfer paket sperma di sepanjang sperma.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa indukan betina juga berpartisipasi dalam perkawinan dengan memeras dan memegang gonopodium di tempat. Sperma membuahi telur matang pada betina dan setiap paket sperma berisi ribuan sperma. Sekitar 80% sperma dari seorang pria dipindahkan saat kawin.

Sperma yang sudah masuk ke tubuh masih bisa disimpan di dalam ikan guppy betina walaupun sebelumnya sudah melahirkan anakan yang pertama, sehingga dalam setiap kali kawin ikan guppy betina bisa melahirkan sampai tiga kali dimana proses pembuahan yang kedua dan ketiga tersebut menggunakan sperma yang disimpan tersebut.

Begitulah sedikit informasi tentang Cara Mengawinkan Ikan guppy , semoga bermanfaat untuk kita semua.

Incoming search terms:

Begini Cara Mengawinkan Ikan Guppy | Admin Guppy | 4.5