Cara Menghilangkan Kutu Jarum Pada Ikan Guppy

Friday, June 9th, 2017 - Perawatan Ikan Guppy

Bagaimana Menghilangkan Kutu Jarum Pada Ikan guppy ? Kutu jarum atau yang biasa disebut juga dengan kutu jangkar memang salah satu parasit yang dapat mengakibatkan kematian pada ikan guppy kesayangan kita jika tidak cepat dibuang. Kenapa dinamakan kutu jarum karena kutu ini bentuknya menyerupai jarum sangat tajam sehingga menusuk ke badan ikan guppy. Banyak orang juga menamainya dengan kutu jangkar karena selain tubuhnya yang tajam juga mempunyai pengait dibagian kepalanya sehingga jika kutu ini sudah menancap di badan ikan guppy maka akan sulit dicabut karena bagian badannya mengait.

Sebenanrnya kutu jarum atau kutu jangkar ini tidak hanya menyerang ikan guppy saja, hampir semua ikan hias bisa terkena parasit ini. Kebanyakan ikan hias termasuk ikan guppy yang terserang kutu jarum yang dipelihara di kolam tetapi ikan hias yang dipelihara di akuarium bukan berarti tidak bisa terkena juga.

Menghilangkan Kutu Jarum Pada Ikan Guppy

Kutu Jarum yang sudah di perbesar

Nama bahasa inggris dari kutu jarum ini adalah Anchor Worm dan masuk ke kategori krustacea, di Indonesia yang merupakan daerah tropis sendiri lebih sering ditemukan kutu jenis Lernae Crypnacea. Hewan ini parasit karena setelah menempel di badan ikan selanjutnya akan menghisap darah dan memakan sel-sel tubuh ikan. Siklus hidupnya tidak mempunyai inang perantara, baik kutu jantan maupun kutu betina bisa menempel bersamaan di tubuh ikan guppy, tetapi yang cenderung parasit adalah kutu jarum betina karena kutu jarus jantan akan mati setelah kawin. Setelah proses kawin selanjutnya si betina akan mengumpulkan telur-telur di ujung tubuhnya, kemudian telur-telur tadi akan berkembang menjadi larva. Larva tersebut akan menempel pada bagian insang dari ikan sehingga jaringan insang ikan akan mengalami kerusakan. Setelah beranjak dewasa kutu akan keuar dari insang dan mulai menempel ke badan ikan. Ikan hias yang berukuran kecil seperti halnya ikan guppy sangat rawan jika terkena kutu jarum ini.

Artikel lainnya : Cara Mengatasi Penyakit pada Ikan Guppy

Tanda-tanda ikan terserang kutu jarum

Kutu jangkar yang sudah dewasa bisa kita lihat dengan mata telanjang, kita bisa mengamati ikan guppy jika sedang terkena serangannya. Selain bisa terlihat seperti jarum yang menempel, ikan yang terkena bisa terlihat gerak geriknya yang kurang tenang selalu bergerak dan menggesek-gesekannya ke dinding akuarium atau batu seperti kita sedang mengalami gatal-gatal.

Menghilangkan Kutu Jarum Pada Ikan Guppy

Kita bisa langsung menghilangkan kutu jarum yang menempel ditubuh ikan dengan cara mencabutnya bisa dengan menggunakan tangan atau pingset. Berhati-hatilah ketika mencabut karena seperti yang sudah dibahas sebelumnya kutu ini mempunyai pengait jika kita tidak hati-hati akan berakibat fatal sampai merobek kulit ikan, setelah dicabut berikan antibiotik pada akuairum berupa tetrasiklin, amoksilin, atau bisa juga dengan methylene blue yang bisa kita beli di toko ikan.

Artikel lainnya : Ikan Hias Air Tawar : Pilih yang Mana?

Kita bisa menggunakan Dalimin, fungsi dari dalimin ini adalah menghambat proses reproduksi dari kutu jangkar sehingga siklus hidup mereka terganggu dan tidak mempunyai keturunan.

Pencegahan

Selalu jaga kebersihan air didalam akuarium atau kolam agar parasit ini tidak berkembang biak dengan cepat, kita bisa menambahkan bubuk abate untuk membunuhnya didalam air yang sedang dihuninya, Jangan lupa pula untuk menjemur di bawah sinar matahri langsung wadah-wadah yang sedang dibersihkan.

Demikian beberapa cara Menghilangkan Kutu Jarum Pada Ikan guppy, semoga dapat bermanfaat untuk kita semua.

 

 

Incoming search terms:

Cara Menghilangkan Kutu Jarum Pada Ikan Guppy | Admin Guppy | 4.5