12 Makanan Ikan Guppy biar cepat besar

Wednesday, May 17th, 2017 - Makanan Ikan Guppy

Makanan Ikan Guppy biar cepat besar – Makanan ikan guppy sejatinya sangat mudah didapatkan disekitar kita bahkan tanpa membeli sekalipun, banyak tersedia di alam sekitar kita. Secara alami ikan guppy biasanya memakan mahluk-mahluk dan tumbuhan kecil seperti rumput-rumput yang sangat kecil, plankton, jentik-jentik nyamuk, cacing sutra dan beberapa hewan yang berukuran kecil lainnya.

Selain itu ada beberapa makanan ikan guppy yang berasal dari olahan dan banyak tersedia di toko makan ikan atau bahkan bisa kita buat sendiri. Berikut ini admin akan share jenis-jenis Makanan Ikan Guppy biar cepat besar.

Jenis-jenis Makanan Ikan Guppy biar cepat besar

  1. Artemia

    Jenis makanan ini merupakan makanan yang sudah sangat terkenal dan salah satu yang terbaik untuk ikan Guppy. Artemia ini bebas dari kuman dan bakteri sehingga sangat aman untuk guppy.
    Tetapi dari segi ekonomis makanan ini terbilang mahal dan proses pembuatannya cukup memerlukan waktu yang tidak sebentar.
    Bahan dari Artemia ini adalah berasal dari telur udang.
    Nilai Gizi Artemia:
    Protein 55%, Lemak 18,9%, Serat Kasar 2,04%, Kadar Abu 7,2%, Air 81,9%.

    Makanan Ikan Guppy

    Makanan Ikan Guppy – Artemia

  2. Kutu Air

    Makanan Ikan Guppy biar cepat besar yang kedua adalah Kutu Air, yaitu sejenis micro organisme biasanya terdapat di genangan-genangan air. Kandungan protein dari kutu air ini sangat tinggi jadi sangat cocok untuk ikan guppy.
    Karena banyak kandungan proteinnya maka sangat baik untuk pertumbuhan ekor dari ikan guppy.
    Tidak seperti Artemia yang relatif steril, terkadang kutu air membawa bakteri yang terkandung dalam ekosistemnya sehingga perlu hati-hati ketika kita memberikan makanan ini.
    Adapun cara agar Kutu Air bebas dari bakteri adalah dengan cara membersihkannya yaitu endapkan saja di dalam air bersih selama kurang lebih 2 jam sebelum proses pemberian makanan ke ikan guppy kita.
    Mudjiman (2008), menyatakan bahwa kandungan gizi pada pakan alami Moina sp umumnya terdiri dari air 99,60%, protein 37,38%, lemak 13,29%, serat kasar -, dan abu 11%.

    Makanan Ikan Guppy

    Makanan Ikan Guppy – kutu air

  3. Daphnia

    Ini salah satu pakan alami dari jenis udang-udangan yang juga mengandung protein yang tinggi, Daphnia berasal dari negara Amerika dan bisa di import ke Indonesia dalam bentuk kultur atau starter, kita bisa memproduksi daphnia dengan starter tersebut.
    Pakan ini juga sangat efektif karena ketika kita bisa mencampurkan sekitar 20-30 ekor ke dalam burayak yang baru berumur 2 hari dan selama seminggu kedepan burayak ikan tidak perlu kita kasih makan lagi karena daphnia dewasa akan terus berproduksi.
    Kandungan proteinnya bisa mencapai lebih dari 70% kadar bahan kering. Secara umum, dapat dikatakan terdiri dari 95% air, 4% protein, 0.54 % lemak, 0.67 % karbohidrat dan 0.15 % abu.

    Makanan Ikan Guppy

    Makanan Ikan Guppy – Daphnia

  4. Cacing Sutra

    Cacing sutra juga bisa menjadi alternatif makanan ikan guppy sama seperti diatas, jenis makanan ini juga mempunyai protein dan lemak yang bagus untuk ikan guppy. Perlu perhatian khusus sebelum cacing-cacing ini diberikan sebagai makanan ikan guppy, sebaiknya jangan memberikan cacing sutra secara langsung ke ikan guppy karena kita tidak tahu manakan cacing yang sehat dengan yang kurang sehat. Salah satu caranya adalah sebelum diberikan makanan sebaiknya cacing sutra kita biarkan simpan didalam air selama 24 jam dengan mengganti airnya setiap 12 jam sekali.

    Kandungan gizi cacing sutra:
    Protein 57%, Lemak 13,3%, Serat Kasar 2,04%, Kadar Abu 3,6%, Air 87,7%.

    Makanan Ikan Guppy Cacing Sutra

    Makanan Ikan Guppy Cacing Sutra

  5. Belut Cuka

    Belut Cuka atau yang biasa disebut Vinegar Eel bisa kita budidaya hewan ini pada cuka apel. Di alam biasanya hidp di lautan dan danau
    Seekor betina dari belut cuka bisa mereproduksi sampai 45 sekor anak setiap 8-10 hari sekali
    Belut cuka bisa menjadi alternatif lain sebagai makanan ikan guppy, kandungan gizinya terdiri : Protein 15-20%, Lemak 50-60%, dan Seratt

    Belut Cuka

    Belut Cuka

  6. Ganggang Biru

    Ganggang Biru atau Spirulina merupakan ganggang biru-hijau yang memiliki kandungan gizi yang bermanfaat bagi kecemerlangan pada ikan. Manfaat penambahan spirulina pada makanan ikan adalah mencerahkan warna ikan, menaikan pertumbuhan rata-rata.
    Kandungan gizi spirulina: Protein 56-62%, Karbohidrat 17-20%, Lemak 5-7%, Mineral 8-12%, Kadar Air 4-8%.

  7. Infusoria

    Infusoria merupakan kumpulan organisme yang bersel tunggal yang terdiri dari dua kelompok yaitu ciliata dan flagellata. Infusoria umumnya hidup di perairan tawar, tetapi sebagian hidup di laut. Makanan infusoria adalah bakteri dan protozoa lainnya yang ukurannya lebih kecil, misalnya ganggang renik, ragi dan detritus halus.

    Nilai Gizi Infusoria:
    Protein -, Lemak -, Serat Kasar -, Kadar Abu -, Air -.

  8. Jentik Nyamuk

    Jentik nyamuk yang berukuran kecil dapat menjadi makanan tambahan sebab jentik nyamuk banyak mengandung nutrisi bagi ikan guppy yang cocok untuk pertumbuhan ikan guppy itu sendiri, dalam memberikan pakan berupa jentik nyamuk berilah secukupnya saja agar ikan guppy tidak kecanduan dengan jentik nyamuk mengingat jentik nyamuk kadang sulit didapat.
    Kandungan nilai gizi protein sekitar 13-15%, lemak sekitar 7-8%, dan serat sekitar 3-4%, akan tetapi di setiap daerah terdapat nyamuk yang berbeda dengan nyamuk daerah lainnya, sehingga memungkinkan kandungan gizi yang ada di dalamnya akan berbeda juga.

  9. Cacing darah

    atau bloodworm bukan lah cacing sutera. Cacing darah di sini walau berwarna merah namun makhluk ini merupakan larva dari serangga dari ordo Diptera (nyamuk) jenis Chironomus, yang merupakan jenis nyamuk yang hanya menghisap nektar bunga / tanaman dan tidak menggigit.
    Cacing darah mengandung 9,3% bahan kering, yang terdiri dari 62,5% protein, 10,4% lemak, 11,6% abu, dengan 15,4% bahan ekstrak tanpa nitrogen (BETN).

  10. Grindalworm

    Merupakan salah satu spesies Enchytraeid (whiteworm), berukuran sekitar 15-25 mm saat dewasa. Grindalworm mudah untuk dikultur dan dengan memiliki sejumlah kultur bahkan kita tidak lagi perlu membeli cacing sutra (tubifex). Grindal worm berukuran antara 0.8cm-1.5cm dengan diameter seukuran rambut manusia.
    Kandungan gizi Grindal Worm: Protein 70%, Lemak 14.5%, Minerals 5.5%, Karbohidrat 10%.

  11. Roti tawar

    Roti tawar juga bisa dijadikan alternatif lain, tetapi roti yang diberikan harus yang masih bagus kualitasnya jangan yang sudah jamuran sebab jika roti sudah jamuran akan membuat ikan sakit dan nutrisi pada roti tidak dapat diserap baik oleh ikan, dalam pemberian makanan berupa roti tawar sebaiknya berilah secukupnya jangan terlalu banyak agar air disekitar ikan tinggal tidak kotor.

  12. Pelet Ikan

    Pelet merupakan pakan buatan pabrik yang sangat praktis, ada beberapa pelet yang cocok digunakan untuk ikan guppy. Adapun beberapa jenis makanan Guppy yang sering digunakan oleh pada Pencinta Guppy yaitu PF 200-500, MEM, Beta Vit, Nori, Hikari, Tetra Bit dan lainnya.
    perlu diketahui ikan guppy akan pilah-pilih memakan makananya jika di dalam wadah/kolam hanya sedikit temannya, sedangkan jika kondisi ramai ikan guppy akan memakan apapun makanan yang tersedia

Demikian 12 Makanan Ikan Guppy biar cepat besar semoga bisa dijadikan inspirasi dan referensi anda dalam memilih pakan ikan guppy.

Incoming search terms:

12 Makanan Ikan Guppy biar cepat besar | Admin Guppy | 4.5